Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan PNJ Melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan implementasi Smart CCTV Bagi Warga RW 19 Kampung Lio Depok

 Infodepok. Net Keamanan saat ini menjadi hal yang penting. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan keamanan, baik keamanan pada Perusahaan, sekolah maupun lingkungan,tempat pribadi seperti rumah. Teknologi keamanan yang banyak digunakan sekarang adalah CCTV (Closed Circuit Television). Dengan adanya CCTV kita dapat memantau aktivitas atau kegiatan yang terjadi pada suatu tempat. CCTV yang berbasis IoT merupakan teknologi yang menggabungkan antara sistem keamanan CCTV dengan teknologi Internet of Things (IoT). Dalam sistem ini, CCTV dilengkapi dengan sensor dan perangkat cerdas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memantau aktivitas yang terjadi di lokasi tersebut secara real–time melalui website maupun smartphone Dengan adanya teknologi ini, pemantauan keamanan dapat dilakukan secara fleksibel dan efektif tanpa harus berada di lokasi tersebut.

Kampung Lio merupakan kampung yang berada di kelurahan depok jaya, kecamatan pancoran mas propinsi jawa barat. Kampung yang dihuni oleh Masyarakat yang ekonomi menengah kebawah ini sering merasakan kebanjiran jika curah hujan cukup tinggi, kebakaran juga sering terjadi. Kampung yang padat penduduk ini dalam segi keamanan masih sangat kurang, sistem keamanan masih secara tradisional, keamanan masih diatur oleh ketua RT dan RW serta penduduk setempat tidak ada jadwal yang tetap untuk menjaga keamanan khususnya di RW 019. RW 019 terdiri dari 9 RT, Dimana jumlah warga kurang lebih 6000an, dengan jumlah kepala keluarga sekitar 1373 KK dan jumlah gang ada 10 gang. Dengan jumlah gang yang cukup banyak maka sangat sulit untuk memantau keamanan yang ada. Maka perlu dibuat suatu sistem yang dapat memantau lingkungan secara real time dalam jangka waktu 24 jam.

Dalam hal ini Program studi Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) Politeknik Negeri Jakarta turut hadir dan berkolaborasi dengan pengurus RW 019 kampung Lio dalam Upaya meningkatkan sistem keamanan warga RW 019. Program studi TMJ menghadirkan teknologi smart CCTV.
Pada hari sabtu, 19 juni 2024 dilaksanakan kegiatan pelatihan smart CCTV bagi warga RW 019 Kampung Lio Depok. Kegiatan pelatihan ini di isi oleh Bapak Iim Imanudin. Kegiatan ini diikutin oleh anggota karang taruna RW 019 kampung lio. Serta didampingi oleh ketua RW 019 dan RT 05 kampung lio. Pada kesempatan ini narasumber memberikan pelatihan bagaimana cara Pemasang perangkat smart cctv, cara kerja dari smart cctv serta penanganan apabila terjadi kesalahan.
serah terima alat dan pemasangan smart CCTV dilakukan pada hari kamis tanggal 11 Juli 2024. Yang dihadiri oleh Ketua RW 019 serta Ketua RT 04, 05, karang taruna serta Masyarakat sekitar.

Dengan adanya teknologi ini, pemantauan keamanan dapat dilakukan secara fleksibel dan efektif tanpa harus berada di lokasi tersebut. Selain itu, pengguna juga tidak perlu membuang banyak waktu untuk melakukan pemantauan secara manual karena sistem dapat mengambil data dan mengirimkan notifikasi secara otomatis.( RAY/ID ) 

Posting Komentar untuk "Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan PNJ Melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan implementasi Smart CCTV Bagi Warga RW 19 Kampung Lio Depok"